Cara mengatasi monitor display out of range or monitor mati karena resolusi terlalu tinggi

Monitor display out of range. Bagaimana cara mengatasi monitor display out of range. Ini sebenarnya adalah pengalaman pribadi saya pada beberapa tahun yang lalu ketika mengikuti kursus pada sebuah lembaga pendidikan komputer, sekaligus juga terjadi pada teman saya sehari yang lalu.

Layar monitor jadi hitam dapat terjadi ketika seseorang mencoba mengganti suatu layar monitor komputer dengan layar monitor komputer yang lain. Hal ini terjadi karena antara komputer yang satu dengan yang lain telah disetting dengan display atau resolusi yang berbeda, sehingga ketika ditukar layar monitor malah menjadi hitam. Lalu bagaimana solusi mengatasi layar monitor yang menjadi hitam karena ini? Ya tidak usah jadi ditukar saja monitornya,hehe..just kiding :) (tapi ini benar juga).

Penyebab terjadinya layar monitor mati atau monitor blank menjadi hitam ialah karena tidak adanya kesesuaian antara kemampuan layar monitor dengan keinginan user/pemakai yang memaksakan menggunakan resolusi tinggi. Layar monitor menjadi hitam untuk melindungi diri supaya tidak rusak. Dan sekarang bagaimana cara mengatasi problem monitor display out of range supaya mampu menampilkan gambar seperti semula?

  • Install ulang (not recomended)
    Dengan install ulang komputer kita sebenarnya mampu menyelesaikan masalah monitor out of range, tapi juga akan menambah masalah baru bagi kita, karena kita musti mem-back-up data, install program-program lagi, dan masih banyak lagi. Jadi cara ini menurut saya tidak di rekomendasikan. (Kecuali anda punya banyak waktu dan ingin berlajar cara meng-install ulang komputer, hehe..)
  • Mengganti sementara dengan monitor lain
    Mengganti dengan monitor lain juga dapat menyelesaikan masalah, dengan catatan harus memakai monitor lain dengan kemampuan color quality output yang lebih besar. Seteleh resolusi dikecilkan, diganti lagi deh dengan monitor yang blank tadi. Akan tetapi cara ini menurut saya juga masih terlalu ribet karena musti angkat-angkat layar monitor atau colak-colok kabel.
  • Masuk ke system safe mode(recomended)
  1. Restart komputer.
  2. Tekan F8. Sebelum komputer Anda masuk atau loading windows segera  tekan F8 untuk masuk ke Safe Mode.
  3. Pilih “Enable VGA Mode”. Jika Anda sudah masuk ke safe mode booting, pilih “Enable VGA Mode” dengan menggunakan arah panah atas-bawah pada keyboard Anda, kemudian tekan “Enter”.
enable-vga-mode

enable-vga-mode

4. Tunggu dan biarkan sampai komputer anda selesai loading dan masuk windows. Dan selamat, monitor anda telah kembali lagi, :), meskipun dengan icon-icon desktop serta tampilan yang besar.

5. Untuk membuat ukuran tampilan kembali menjadi normal/ lebih kecil silahkan setting ulang sesuai dengan kemampuan resolusi monitor Anda. Klik kanan pada desktop > Properties > Settings, kemudian pilih dan atur kembali resolusinya.

NOTE: jangan terlalu besar memilih resolusi monitor Anda jika memang monitor tidak mempunyai kemampuan untuk resolusi tersebut.

Image Gallery