Sharing data antara dua komputer dengan kabel LAN

Sharing data antara dua komputer dengan kabel LAN

Sharing data antara dua komputer dengan kabel LAN. Ketika di rumah kita mempunyai dua komputer (PC ke PC atu Pc ke laptop) kemudian kita ingin untuk berbagi data atau  memindah data dari satu komputer ke komputer lainnya akan terasa sedikit ribet ketika kita menggunakan flasdisk, belum lagi kalau data yang hendak kita pindah berupa data dengan file size yang cukup besar. Meskipun sekarang ini telah banyak tersedia flasdisk dengan size yang besar masih akan sedikit ribet ketika kita musti mencolok-cabutkan dari USB satu ke USB yang lainnya, belum lagi ditambah waktu transfer data.

Cara yang menurut saya lebih simple dan tidak membutuhkan banyak biaya adalah dengan memanfaatkan port LAN yang ada di komputer kita. Kita hanya membutuhkan kable LAN yang dapat kita beli di toko aksesoris komputer dengan kisaran harga Rp. 2.500,- s/d Rp. 4.500,- untuk tiap meternya serta pin untuk port LAN dengan harga sekitar Rp. 500,- tiap pin-nya. Untuk pemasangan antara pin dengan kable LAN dapat kita dapat sekalian dipasangkan di toko karena pemasangannya membutuhkan alat khusus (tang crimping), serta jangan lupa untuk kita sebutkan bahwasanya kabel tersebut akan kita gunakan untuk komputer ke komputer.

Ketika kabel LAN beserta pin-nya telah kita miliki (sebut kabel LAN) yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah melakukan setting pada komputer kita. Dalam kasus ini yang pernah saya praktikkan adalah sharing data dengan kabel LAN pada komputer dengan system operasi Windows®. Pada OS Windows® sendiripun dengan adanya generasi yang berbeda, misalkan Windows® XP, Windows® Vista, Windows® 7 maupun Windows® 8 juga memiliki sedikit perbedaan. Dalam hal ini saya ambil contoh misalkan transfer data/ sharing data antara komputer Windows® XP dengan laptop Windows® 7 dengan kabel LAN memiliki perbedaan karakteristik, yaitu:

Windows® XP Windows® 7
Data/ folder yang disharing dapat langsung dibaca pada Network Windows® 7 Data/ folder yang disharing tidak dapat langsung dibaca pada Network Windows® XP, data/folder harus dicopy-paste pada Network supaya dapat dibaca di Windows® XP

Adapun cara setting komputer untuk sharing data dengan kabel LAN yaitu: (Colokkan kabel LAN pada masing-masing port LAN di komputer Anda terlebih dahulu)

  1. Start -> Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Change adapter settings.
  2. Klik kanan kemudian Properties pada Local Area Connection.
  3. Pada tab Networking klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik Properties.
  4. Ubah IP address menjadi 192.168.0.1 dan Subnet mask menjadi 255.255.255.0 kemudian Oke. Done.

Dengan cara yang sama, lakukan langkah-langkah di atas untuk melakukan setting pada komputer yang kedua. Ketika sampai pada langkah yang terakhir, ubah IP address menjadi 192.168.0.2 dan Subnet mask menjadi 255.255.255.0. Selesai sudah. Dan komputer Anda akan secara otomatis mendeteksi sambungan Local Area Connection aktif. Atau untuk lebih baiknya lagi lakukan restart ulang untuk dua buah komputer Anda.

kesalahan adalah salah satu hal yang menunjukkan kebenaran

Untuk yang berbasis open source saya belum mempraktikkannya, akan tetapi saya kira secara konsep pasti sama cara settingnya.

Note: Nama,merk dan logo Windows® beserta produknya adalah merk terdaftar dan mempunyai copyright. Dalam artikel ini nama, merk dan logo tersebut ditujukan hanya untuk identifikasi.

Image Gallery